Kamis, 07 Februari 2013

Apakah laki-laki dan perempuan itu benar-benar satu spesies?


Sering gak sih kita sebel banget ama suami? Sebenernya dia itu sayang gak siah ama kita? Kok, nggak pernah mesra. Ingin deh rasanya sekali-kali dirayu, jangan pas ada maunya ajah!
Kalo aku mah sering banget sebel ama suami, sampai suatu ketika aku baca sebuah tulisan tentang fakta biologis yang membedakan kita ama suami. Ternyata semua udah dari sononya.. kitanya ajah yang harus belajar untuk memanage kenyataan tersebut. Berikut aku rangkumin dari beberapa sumber yang pernah ku baca. Moga bermanfaat, dan menghindari kita cekccok ama suami atas sesuautu yang emang ga bisa diubah lagi. Well..

Fakta bahwa otak perempuan emang beda dengan laki-laki.

1. Perbedaan Verbal
Bapak mertuaku pernah berseloroh, “kayaknya perempuan itu nggak bisa kerja tanpa ngomel!”. Gara-gara kata-kata beliau aku sempet mikir, bener juga ya. Kayaknya aku juga nggak sreg aja kalau kerja nggak sambil ngomel. Solanya kalau kita kesel truz diem aja, kayaknya mahluk yang namanya laki-laki nggak akan sadar kalau kita lagi sebel ama dia.
Menurut hasil penelitian ternyata rata-rata perempuan bisa mengeluarkan 20.000 kata tiap harinya, sedangkan pria Cuma 7000-an. Hal ini ada kaitannya dengan perbedaan spasial yang akan kita bahas di nomor tiga nanti. Daerah korteks otak laki-lakinlebih tersedot untuk melakukan fungsi spacial dn sedikit dalam memproduksi dan menggunakan kata-kata. Laki-laki lebih banyak menggunakan otak kanannya, sedangkan wanita cenderung lebih seimbang dalam menggunakan otak kanan dan otak kirinya.

2. Perbedaan Bahan Kimia
Dalam otak terdapat zat kimia yang dinamakan serotonin. Zat tersebut membuat kita tenang. Otak perempuan lebih banyak mengandung zat ini. Itu sebabnya –laki pembawaan perempuan relatif lebih kalem. Otak juga punya zat kimia yang dinamakan oksitosin. Oksitosin merupakan zat yang mengikat manusia dengan manusia lainnya, atau benda yanglebih banyak, sehingga wajar dengan laki-laki yang bertindak dulu baru bicara.

3. Perbedaan Spacial
Otak laki-laki katanya lebih berkembang dibandingkan dengan otak perempuan, sehingga memiliki spacial yang kompleks.
Seringkah kita mengamati kalau laki-laki lebih tertarik dengan otomotif, ngutak-ngatik mesin, alat-alat elektronik, dan hal-hal lain yang menurut kita para perempuan mengernyitkan kening. Apa sih menariknya hal-hal tersebut? Ternyata otak kanan pria digunakan lebih dominan, dimana dibagian otak inilah kemampuan perancangan mekanis, pengukuran arah abstraksi, manipulasi benda-benda fisik berkembang.

4. Perbedaan Memori
Pusat memori di otak laki-laki yang namayan hippocmpus lebih kecil, sehingga daya ingat laki-laki lebih kecil dibandingkan perempuan. Tak heran kalau wanita lebih kuat ingatnanya akan detail. Jadi bersabarlah kalau suami-suami kita seringteriak ‘ Bun, dimana kaus kakiku ya? Bun, tadi agendaku disimpan dimana ya? Bun, dimana....?

Hehe karena emang udah dari sononya tuh!

0 komentar:

Posting Komentar

 

Keluarga Pak Wajdi Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang