Jumat, 15 Maret 2013

Menyambangi Sheikh Zayed Mosque, Abu Dhabi




Sheikh Zayed Grand Mosque (Arabic :جامع الشيخ زايد الكبير) is located in Abu Dhabi, the capital city of the United Arab Emirates.[1]
Kalau Anda berkunjung ke Abudhabi, Uni Emirate Arab (UAE) tidak afdol jika Anda tidak berkunjung ke Mesjid Raya Sheikh Zayed. 
Nama  Sheikh Zayed sendiri sangat terkenal di UAE. Dia adalah presiden UAE yang paling dicintai dan dipuja. Bahkan konon, tempat ini pula Syeikh Zayed di  makamkan. 

Lihat, jalan masuknya aja sudah indah. Pohon kurma berdiri dengan gagahnya menyambut kedatangan kami.. hmm. 
Kenapa saya bilang Anda harus melihat mesjid ini? 
Karena:
1. Mesjid ini adalah mesjid terbesar di UAE.
2. Mesjid ini adalah mesjid ke-8 terbesar di dunia.
Nih, lihat saja photonya dari jauh. Indah!
Bagi orang Indonesia seperti saya, melihat langit biru tanpa tertutupi awan seperti ini menjadikan suasananya sungguh...sesuatu!




Kalau  dilihat dari atas, kira-kira seperti ini. Chetar membahana deh pokoknya.
Photo ini saya ambil dari departemen pariwisatanya Abudhabi.
I hope they don't mind, because I help them to promote Abudhabi, yeahh ;)
Well, Anda lihat kan pasir putih yang terhampar itu.
Yes! It is on dessert.
 It's so beautiful, it's so different. 
It's extravaganza...

Namanya juga mesjid, pasti tujuan utamanya adalah sebagai tempat ibadah kan? Tapi tentu saja wisatawan yang datang tidak bisa diatur jam datangnya, tak heran, wilayah-wilayah tertentu sering dilarang untuk dimasuki, biasanya karena dipakai shalat atau kegiatan lainnya. Jangan khawatir Anda akan dipandu oleh 'security' mereka..Hehe, mereka jumlahnya super banyak, kalah deh jumlah hansip di kampung saya.
Sebelum masuk, nampang dulu ah.
Take me a picture, please!
Anda tahu tidak, jika photo ini diambil sekitar jam 3 sore. Wuff, matahari benar-benar bekerja keras. Tidak ada awan tempat dia berselimut. Kulit saya terbakar. Tapi hikmahnya, saya tidak perlu menggunakan cahaya tambahan untuk mendapat kulaitas gambar sebagus ini..hehe.
Sebelumnya saya melewati sebuah lift yang curam untuk naik ke mesjid ini. tempat parkirannya ada di bawah tanah. Dan untuk para non jilbaber, sebelum naik lift mereka dipasangi Abayya. Baju hitam-hitam yang biasa di pakai penduduk setempat untuk menutupi aurat. Tadinya saya sudah bersiap-siap untuk memakainya juga, karena pakaian saya berwarna-warni. Rupanya, as long it covers the aurat, then it'll be fine.

Nah kalau ini adalah pilar-pilar yang super gede dan banyak, sebelum kita memasuki pelataran sholat, kita akan disambut oleh tiang-tiang indah ini. 
Katanya jumlah tiang ini adalah 96 buah. Dan katanya juga, yang kuning-kuning puncak tiang itu adalah emas. Terus di batang-batang tiang itu dihias dengan puzzle dari marmer yang berwarna-warni. 
Setelah melewati deretan tiang-tiang indah yang 'terpampang nyata' tersebut, akhirnya kami berada di komplek mesjid.  Masih jauh ternyata menuju pintu mesjidnya..hehe. Mama saya sampai minta ampun ga kuat jalan. (Belum juga masuk Mam..hehe)
Tidak ada bagian dari mesjid ini yang luput dari sentuhan seni tingkat tinggi. Konon lebih dari  3.000 pekerja dan 38 perusahaan kontraktor yang terlibat dalam pembangunannya. Belum lagi hiasan yang dipasang, berasal dari tempat-tempat yang terkenal dengan produknya yang bermutu dan tahan lama. Menurut pemandu wisatanya mesjid ini terinspirasi dari arsitektur Mesjid Mughal,  Mesjid Moorish, Mesjid Badshahi di Lahore, Pakistan  dan Mesjid Hassan II di Casablanca, Morocco.
"There are four minarets on the four corners of the courtyard which rise about 107 m (351 ft) in height. The courtyard, with its floral design, measures about 17,000 m2 (180,000 sq ft),and is considered to be the largest example of marble mosaic in the world"

·        Lihat dong, saya sedang duduk dengan so' manisnya. Berharap bisa merekam keindahan isi mesjid ini. karpetnya luar biasa empuk. Katanya, karpet ini adalah karpet terbesar di dunia yang dibuat oleh perusahaan Iran yang didesain khusus oleh Ali Khaliqi, seorang desainer dari Iran. Luasnya karpet ini mencapai 5.627 m2 (60,570 sq ft). Anda ingin juga memiliki karpet seperti ini. Ow, jangan! 
      Nyucinya cape bo!
      Selain karpetnya yang luar biasa, ternyata lampu gantung yang diatas kepala saya itu juga luar biasa. Ada tujuh chandelier seperti itu di mesjid ini, terbuat dari kristal swarovski yang dibuat di Jerman. Konon ada chandelier di mesjid ini yang merupakan chandelier kedua terbesar di dunia.  
·         
Sebenernya, masih banyak lagi sih photo di mesjid ini yang ingin saya pamerin. Soalnya every side of this mosque is too beautiful to forget. I want to keep in mind and share to you too.
Hope you can feel the excitement..
PS:
Sengaja pake bahasa 'gado'gado', supaya kelihatan lagi di lluar negerinya....peace!
To be continued..






0 komentar:

Posting Komentar

 

Keluarga Pak Wajdi Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang