Jumat, 15 Maret 2013

Si Misterius, Kartini


Tahun 2011 tanggal 21 April jatuh pada hari kamis, dan tanggal 22 Aprilnya ternyata tanggal merah karena bertepatan dengan peringatan Paskah. Kebetulan minggu itu anak-anak SD libur karena sekolah nya dipakai ujian nasional SMP..
Aku memandangi kalender bulan April pembagian dari kantor. Disitu ada gambar Presiden tengah berpidato di podium.

“Wah, besok hari kartini!” seruku kencang

“Asyik!” seru Dika dengan penuh semangat.

“Iya, Bunda juga punya banyak kesan di hari Kartini.”

“Jadi besok Bunda bikin lontong opor atau lontong gule Bun?” tanya Dika, dia memandangi wajahku dengan wajah penuh harap.

“Emangnya lebaran!”

“Lho kan tanggalan kalender merah Bun, berarti hari besar. Kalau hari besar biasanya Bunda masak besar.”

Gedebugg!!! Halowwwwwwwwwwww…yang salah kayaknya Bundanya deh, masa’ Kartini aja sampai ga tahu. Sungguh ter-la-lu!

“Abang lihat kalendernya teliti dong, hari kartini itu tanggal 21 april , yang merah itu tanggal 22 April,. Abang jangan nyambung-nyambungin yang ga nyambung dong.”

“Hehehe maaf Bun, aku ga merhatiin sih.”
Aku melenguh didepan anakku, “Sayang ya libur, jadi ga ada kartinian ga ada karnavalan, padahal Bunda ingin dandanin kalian baju daerah..”

“Memangnya Kartini itu siapa Bun?” Tanya Dika sambil menopangkan dagunya diatas senderan kursi.

“Kartini itu pahlawan Bang!” sahut Jaka kakaknya. Aku mengangguk mengiyakan.

“Kartini pasti pahlawan yang paling hebat ya Bun, lebih hebat dari pahlawan-pahlawan lainnya di dunia?” Sahut Jaka dengan nada sok tahu. Aku mengernyitkan kening tanda tak paham. “Buktinya di dunia ini hanya kartini saja yang dirayakan ulang tahunnya, pahlawan lainnya ga ada kan?”

Gubrakkkkkk….bener juga sih. Alhasil benjol di kepalaku ada dua buah. Wah, pe-er nih, aku harus menerangkan anak-anakku siapa itu RA Kartini. Piuhhh…..

28-6-2011

0 komentar:

Posting Komentar

 

Keluarga Pak Wajdi Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang